C:\Users\ASUS\Downloads\WhatsApp Image 2018-04-05 at 19.52.35.jpeg

by Lisa, Chandra dan Arini,

 

Selasa 27 Maret 2018 menjadi hari bersejarah bagi mahasiswa Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Jember pasalnya telah secara resmi menyandang gelar “Apt” pada upacara sumpah dan pelantikan apoteker periode VI. Acara tersebut dilangsungkan pada pukul 08.30 WIB di gedung Soetardjo Universitas Jember yang semakin meriah dengan adanya tari Sesonderan khas Malang dimana biasanya digunakan untuk menyambut tamu, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara kali ini dihadiri oleh:

  • Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, M.sc., Ph.D
  • Perwakilan Komite Farmasi Nasional Dr. Faiq Bahfen S.H
  • Dekan Fakultas Farmasi UNEJ Lestyo Wulandari,S.Si.,Apt.,M.Farm
  • Ketua Program Studi Profesi Apoteker Lidya Ameliana,S.Si.,M.Farm.,Apt
  • Perwakilan IAI Pusat
  • Perwakilan IAI Jember
  • Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi
  • Perwakilan Dinas Kesehatan jember
  • Para dosen Fakultas Farmasi UNEJ
  • Undangan keluarga Apoteker Baru

Upacara sumpah dan pelantikan apoteker periode VI dibuka dengan sambutan dari Ibu Wulan selaku Dekan Fakultas Farmasi. Beliau menyampaikan bahwa lulusan apoteker baru berjumlah 61 yang berasal dari S1 Farmasi UNEJ dan Prodi S1 Farmasi di luar UNEJ seperti IIK, UMM serta Stikes Tasikmalaya. Beliau mengHarapkan apoteker baru ini dapat profesional dalam menjalankan tugas serta membanggakan almamater kita. “keberhasilan adalah karunia Allah SWT, maka dari itu kita jangan sampai lupa untuk terus bersyukur atas apa yang sudah berhasil kita capai” tutup dari Ibu Wulan diakhir sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan Sumpah dan Pelantikan Apoteker Baru pada pukul 09.00 yang disusul dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri dan Himne Apoteker. Selanjutnya pembacaan mahasiswa berprestasi yaitu, Irvina Anggita Baharini S.Farm., Apt. dengan IPK 3.85 untuk maju menerima hadiah yang didampingi oleh orang tua.

Pada kesempatan kali ini, Arjun selaku perwakilan apoteker baru menyampaikan bahwa “kita tak harus bersama, kita harus melanjutkan langkah ini, mungkin ke tempat lain yang siap untuk kita tapaki, doaku selalu menyertaimu sahabat untuk Indonesia yang sehat dan sejahtera”. Selain itu Bapak Hasan selaku Rektor UNEJ juga menyampaikan pesan semangat kepada para lulusan “Selamat menjadi apoteker baru, jaga terus almamater ibarat bendera Universitas Jember karena perbuatan baik saudara di masyarakat, terus tingkatkan profesionalitas saudara, regulasi tidak mungkin dinamis jadi harus terus belajar bekerja dengan banyak pihak, itu merupakan usaha agar kita tidak ketinggalan dengan dinamika yang sedemikian rupa. Semoga dimanapun kita berada, selalu diberi kesuksesan dan mampu berguna bagi masyarakat luas”. Kemudian dilakukan sesi penyerahan kenang-kenangan oleh apoteker baru kepada Fakultas Farmasi, doa oleh Bapak Saifuz, serta sesi foto bersama dipenghujung acara.

Jumlah apoteker saat ini terdapat kurang lebih 70.000 orang yang terdiri dari 77,57% perempuan dan 22,43% laki-laki, dimana Universitas Jember telah berhasil meluluskan sebanyak 328 apoteker. Jumlah yang tidak sedikit tentunya, diharapkan lulusan-lulusan apoteker tersebut dapat mengemban tugas baru di pundak mereka dengan penuh tanggung jawab. Semoga dengan adanya upacara sumpah dan pelantikan apoteker ini mampu menjadi momentum pengingat bagi kita semua untuk terus berkarya dan tidak berhenti melangkah ke depan.

C:\Users\ASUS\Downloads\WhatsApp Image 2018-04-05 at 19.52.03.jpeg

Dokumentasi Sesi Foto Bersama