Edited by Lisa NP

Pharmaceutical Laboratory Training merupakan kegiatan praktek laboratorium yang dilaksanakan untuk mengenalkan dan menambah wawasan mengenai miniatur produksi sediaan farmasi seperti tablet dan gel, juga meliputi analisis sediaan farmasi menggunakan instrumen analisis seperti HPLC, spektrofotometri UV-Vis, dan KLT densitometri. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang, yaitu 6 mahasiswa S1, 1 mahasiswa S2, dan 3 dosen Department Pharmacy, School of Health Care Professions, University of San Carlos, Filipina yang dilaksanakan pada tanggal 3 sampai dengan 9 Nopember 2017.

Kegiatan pengarahan awal dilakukan oleh dosen dari Bagian Farmasetika, yakni Dwi Nurahmanto, S.Farm., M.Sc., Apt. yang menyampaikan materi tentang formulasi sediaan farmasi. Pengarahan kemudian dilanjutkan oleh dosen dari Bagian Kimia Farmasi, Lestyo Wulandari, S.Si., M.Farm., Apt. yang membahas tentang kontrol kualitas sediaan farmasi. Kegiatan praktikum hari pertama dilakukan di Laboratorium Teknologi Sediaan Semisolida dan Solida pada hari Senin, 5 Nopember 2017. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok dan masing-masing akan membuat sediaan gel ekstrak daun kopi serta tablet paracetamol dan kafein. Praktikum didampingi oleh teknisi laboratorium yaitu Sholihatus Sallama, A.Md. Kegiatan praktikum pada hari kedua dilaksanakan di Laboratorium Kimia Analisis di ruang instrumentasi pada hari Selasa, 6 November 2017. Peserta tetap dibagi menjadi 2 kelompok untuk mengevaluasi sediaan farmasi yang telah mereka buat dari sisi kontrol kualitas. Praktikum kali ini tetap didampingi oleh teknisi yaitu Hany Indah K, S.Si, dan diawasi langsung oleh dosen di Bagian Kimia Farmasi, Lestyo Wulandari, S.Si., M.Farm., Apt. Pada hari Rabu, 8 November 2017 dilaksanakan kegiatan post test di Laboratorium Multimedia sebagai penutup serangkaian kegiatan Pharmaceutical Laboratory Training di Fakultas Farmasi.

 

Penyerahan sertifikat peserta kegiatan Pharmaceutical Laboratory Training dilakukan bersamaan dengan penutupan kegiatan JSP dari International Office Universitas Jember, karena kegiatan ini diikuti oleh peserta yang juga mengikuti JSP. Sertifikat peserta dilakukan oleh dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember, Lestyo Wulandari, S.Si., M.Farm., Apt.

Serangkaian kegiatan laboratorium di Fakultas Farmasi Universitas Jember diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta mengenai miniatur produksi sediaan farmasi beserta analisisnya dan digunakan sebagai referensi untuk kegiatan belajar mengajar di Department Pharmacy, School of Health Care Professions, University of San Carlos, Filipina, meningkatkan interaksi antara civitas akademika Fakultas Farmasi Universitas Jember dengan civitas akademika Department Pharmacy, School of Health Care Professions, University of San Carlos, Filipina. Selain itu, diharapkan kegiatan ini semakin meningkatkan kerja sama antara Fakultas Farmasi Universitas Jember dengan Department Pharmacy, School of Health Care Professions, University of San Carlos, Filipina.