Satu lagi mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember menorehkan prestasi. Pada even PHARMACOPE 2017 yang diselenggarakan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) pada 10 September 2017 di hotel Kusuma Sahid Prince Surakarta, Arini Fitria Zain meraih juara 2 lomba esai yang diikuti oleh berbagai finalis dari perguruan tinggi lain. Mahasiswi yang kerap disapa Arini ini menceritakan perjalanannya dalam meraih Juara 2 Essay Nasional PHARMACHOPE UNS 2017 yang bermula dari kegemarannya dalam bidang menulis karya ilmiah sejak dibangku SMA, dan menulis Essay merupakan kegemaran baru yang kini sedang ia tekuni.

Essay dengan judul “KRIPIK PACAR, Ampuh Jaga HATImu” ini terinspirasi dari tingginya fenomena penyakit hepatitis yang sering melanda kalangan mahasiswa, khususnya hepatitis tipe B. Sebagai terobosan baru Arini memanfaatkan kandungan lawsone didalam daun tanaman pacar kuku (Lawsonia inermis L) yang merupakan turunan senyawa naftokuinon sebagai inhibitor virus hepatitis B dalam bentuk olahan berupa kripik yang dapat dengan mudah dibuat oleh semua kalangan, termasuk mahasiswa. Ide ini ternyata mampu membawa Arini masuk ke tahap final dengan pesaing-pesaing dari berbagai macam universitas di Indonesia untuk melaksanakan presentasi di hotel Kusuma Sahid Prince Surakarta pada tanggal 10 September 2017, dimana tujuh besar finalis berasal dari UNS, UAD, UNSRI, UNISBA dan UNEJ tentunya.

Pada tahap presentasi ini panitia lomba membuat peraturan bahwa urutan finalis yang akan tampil ditentukan melalui undian, dan ternyata Arini berada di urutan pertama. “Rasanya nervous sekali, karena saat itu yang melihat bukan hanya dari para finalis saja, melainkan juri-juri yang sudah expert dan para peserta dari seminar nasional yang juga tengah diadakan saat itu” jelas Arini. Pada saat pengumuman lomba Arini sama sekali tak mengira bahwa dia akan mendapatkan juara, pasalnya saat presentasi dirinya merasa bahwa kemampuannya berada dibawah kemampuan presentasi dari finalis-finalis lainnya. Namun satu yang ia yakini bahwa apapun hasilnya merupakan rencana terbaik dari Sang Pencipta, “Pokoknya waktu lomba saya minta restu dari orang-orang terdekat terutama Ayah Ibu serta memperbanyak bacaan : Khoirukum baina a’yunikum wa syarrukum tahta arjulikum” jawab Arini saat ditanya kunci suksesnya. Semoga mahasiswa-mahasiswa Universitas Jember, khususnya mahasiswa Fakultas Farmasi terus semangat dalam menorehkan prestasi.(arini/bwn)

Arini Fitria Zain (paling tengah)