Kerja sama pendidikan antara Universitas Jember (UNEJ) dan University of San Carlos, Filipina terus berlanjut. Beberapa waktu lalu telah dilaksanakan kegiatan lecturer exchange antara Fakultas Farmasi Universitas Jember dan School of Health Care Professions University of San Carlos (USC), Filipina. Tepatnya, pada 8-18 Februari 2017 adalah giliran wakil Fakultas Farmasi Universitas Jember yang berkunjung ke Filipina. Dosen yang bertugas mengikuti program ini salah satunya adalah Endah Puspitasari, staf pengajar di Bagian Biologi Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Jember. Selain lecturer exchange, kali ini juga ada student exchange yang melibatkan mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Jember. Rombongan sendiri berangkat pada 8 Februari 2017 dengan penerbangan transit di Singapura. Tiba di Cebu, Filipina, kota dimana USC berada, pada 9 Februari 2017.

Kegiatan lecturer and student exchange diselenggarakan bersamaan dengan 3rd SCHP International Research Conference (10-11 Februari 2017) yang diselenggarakan oleh USC. Peserta program lecturer and student exchange mempresentasikan penelitian mereka dalam konferensi internasional tersebut. Hari pertama adalah presentasi dari keynote speaker dan plenary speaker, dilanjutkan dengan student oral presentation. Dua dosen Fakultas Farmasi Universitas Jember (Lestyo Wulandari dan Endah Puspitasari) bertindak sebagai anggota panel of reactors dalam presentasi oral mahasiswa tersebut, sedangkan kelima mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember yang mengikuti program student exchange mempresentasikan hasil penelitian mereka. Malamnya, diadakan welcome dinner bagi semua peserta 3rd SCHP International Research Conference.

2

 

Pada hari kedua dihelat presentasi oral bagi professional. Ada tiga peneliti dari Universitas Jember yang mempresentasikan hasil penelitian mereka pada kesempatan itu, yaitu Endah Puspitasari (mempresentasikan makalah berjudul Development of Ethanolic Extract of Arcangelisia flava as Cancer Co-Chemotherapeutic Agent), LestyoWulandari (mempresentasikan makalah berjudul Efficiency of Phytochemical Screening of Medicinal Plant Extract by Near Infrared Spectroscopy and Chemometric), dan Rondhianto (Program Studi Ilmu Keperawatan, mempresentasikan makalah berjudul The Effect of Urinary Catheter Care Using Povidone Iodine 10% to Colonization of Esherichia coli on Patient Urine in Women Surgical Ward Dr. Soebandi Hospital Jember).

3

3rd SCHP International Research Conference berakhir pada Sabtu siang, 11 Februari 2017. Sore hari hingga malam, dilakukan diskusi mengenai Memorandum of Agreement (MoA) pengembangan kerjasama Credit Transfer Program antara Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember dengan School of Health Care Professions USC, Filipina.

7

Minggu, 12 februari 2017, peserta lecturer and student exchange dan berwisata ke Pulau Bohol ditemani dengan dekan dan beberapa mahasiswa School of Health Care Professions USC. Di Bohol, rombongan mengunjungi Blood Compact Monument, Tarsier Conservation Area, Chocolate Hill, Loboc Riverwatch Floating Restaurant, dan Bohol Bee Farm.

10

Senin dan selasa, 13-14 Februari 2017, kami melanjutkan diskusi MoA, bertemu dengan Vice President for Academic Affairs USC,berkunjung ke International Affairs Office USC, kunjungan ke School of Business and Economics, bertemu dengan President USC, serta kunjungan ke museum USC di kampus utama dan di Talamban Campus. Kunjungan juga dilakukan ke Perpetual Succour Hospital.

6

Rabu hingga Jum’at, 15-17 Februari 2017, inti dari program lecturer exchange dimulai. Program inti lecturer exchange adalah memberikan kuliah dan membimbing praktikum mahasiswa Department of Pharmacy, School of Health Care Professions USC, Filipina. Ada beberapa sesi kuliah yang diberikan kepada mahasiswa dari tingkat yang berbeda-beda. Diskusi mengenai prosedur kerja di laboratorium dan materi praktikum juga dilakukan. Masukan diberikan oleh wakil dari Fakultas Farmasi Universitas Jember pada koordinator laboratorium Department of Pharmacy, School of Health Care Professions USC, Filipina.

12

Selain itu, dilakukan diskusi mengenai perkembangan kerjasama penelitian antara Fakultas Farmasi Universitas Jember dengan Department of Pharmacy, School of Health Care Professions USC, Filipina. Diskusi dilanjutkan dengan topik penelitian yang sedang dikerjakan oleh tim peneliti dari Department of Pharmacy, School of Health Care Professions USC, Filipina. Di sela-sela kesibukan tadi, kegiatan di selingi dengan kunjungan kefasilitas laboratorium terpadu USC dan penangkaran kupu-kupu milik USC.

Hari sabtu, 18 Februari 2017, dilakukan kunjungan ke kantor pusat apotek jaringan di Cebu City, Filipina, La Nueva Pharmacy. Kegiatan lecturer and student exchange ditutup dengan farewell lunch. Kemudian, rombongan diantar ke bandara internasional Mactan Cebu International Airport, setelah mampir sebentar untuk melihat fasilitas USC Marine Research Station yang berada tidak jauh dari lokasi bandara.

16

Rombongan sampai kembali di Jember dengan selamat pada hari Minggu, 19 Februari 2017. Sekian.

nb: berikut kami berikan potret lain kegiatan ini.

         4  5      8   9     11      13  14    15      17   18   


 

Sumber tulisan: Endah Puspitasari. Penyajian tampilan dan beberapa bagian disunting oleh editor namun tanpa mengubah substansi informasi yang diberikan nara sumber.