Universitas Jember kini memiliki Wahana Edukasi Tanaman Obat (WETO). Weto yang digadang-gadang sebagai etalase tanaman obat nusantara ini berada di Agrotechnopark Jubung yang baru saja di launching, (23/10). Weto juga merupakan merupakan salah satu tempat wisata edukasi untuk mengenal berbagai macam tanaman obat di Indonesia.

“Kami berharap WETO bisa dijadikan sebagai aset strategis Universitas Jember yang tidak hanya memberikan manfaat bagi kami, namun juga bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah,” kata Moh. Hasan Rektor Universitas Jember usai meresmikan WETO.

Rektor menambahkan, di kawasan WETO tersebut nantinya akan dikembangkan sebuah klinik kesehatan herbal yang menggunakan obat-obatan herbal dalam memberikan pengobatan terhadap pasien.

“Mudah-mudahan bisa terealisasi tahun depan karena sumber daya manusia di Unej sudah dipersiapkan ke arah sana dengan mengikuti berbagai pelatihan, sehingga hal itu bisa berguna bagi masyarakat,” tuturnya.

Sementara Dekan Farmasi Unej, Lestiyo Wulandari mengatakan Wahana Edukasi Tanaman Obat dirancang untuk menampilkan sarana wisata yang berbasis edukasi dari anak-anak usia dini hingga masyarakat umum.

“Wahana itu diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang segala aspek tanaman obat dengan memperhatikan keserasian dan kelestarian kebun karena tercatat sekitar 200 jenis tanaman obat di lahan seluas 1 hektare itu,” katanya. Selain menjadi sarana wisata dan edukasi, WETO juga menjadi sarana yang mendukung penelitian dari berbagai disiplin ilmu yang ada di Universitas Jember.

“Wahana ini terdiri dari kebun tanaman obat, gedung rimpang yang menyerupai akar tanaman jahe yang menampilkan pemanfaatan tanaman obat, green house sebagai etalase tanaman obat dan anggrek, serta wahana permainan anak yang diharapkan memiliki keunikan tersendiri,” paparnya.

Untuk mewujudkan klinik saintifikasi jamu atau obat herbal, Unej juga menggelar workshop tentang saintifikasi jamu pada Sabtu (24/11) dengan menghadirkan pembicara dari Balai Penelitian Tanaman Obat Tawangmangu Surakarta.(Mj)

IMG_4179

IMG_4173