FBUNEJ atau Forum Blogger Universitas Jember merupakan fasilitas yang disediakan oleh UPT-TI Universitas Jember yang diharapkan menjadi wadah penampung kreativitas civitas academika UNEJ.

Setelah sebelumnya melaunching blog staff dan student dengan sumdomain staff.unej.ac.id dan student.unej.ac.id yang cukup sukses, UPT-TI UNEJ kembali memberikan revolusi dalam mengelola blog Civitas Academica UNEJ.

Tidak seperti format staff dan student blog sebelumnya FBUNEJ ini, memungkinkan blogger yang bernaung dibawah panji UNEJ dapat mengelola, menikmati dan mengetahui progress blogger lainnya melalui Page Social Network pada FBUNEJ. Page Social Network tersebut juga bisa dijadikan wadah Organisasi dengan fitur FORUM, membuat dan melihat progress blogger lain di page Directory dan sebagainya.

Struktur Pengurus FBUnej

Bagaimana Nasib Blog Student dan Staff?

Kedua subdomain blog civitas academica UNEJ yang beralamat di student.unej.ac.id dan staff.unej.ac.id masih dapat dikelola dan diakses. Namun, fokus maintenance dan pengembangan Blog management kini beralih pada alamat baru yakni http://web.unej.ac.id/ (FBUNEJ).

Alasan dialihkannya fokus tersebut karena seringnya terjadi error, sulitnya memonitor aktivitas blogger, dan kurangnya komunikasi antar blogger yang tersebar dilebih dari 10 fakultas ini.

Jika Anda ingin bermigrasi pada subdomain http://web.unej.ac.id/, Anda dapat menggunakan fitur Importer yang telah tersedia di Dashboard WordPress Anda dapat membaca artikel ini untuk mengimport posting wordpress lama Anda ke FBUNEJ.

Apa Kelebihan FBUNEJ Dibanding Subdomain Lama?

  1. terintegrasi dengan sister, sehingga tidak perlu membuat user dan password baru
  2. Member (semua yang punya akun sister: mahasiswa, dosen dan karyawan) bisa masing-masing membuat blog baru melalui menu http://web.unej.ac.id/direktori/create , dengan jumlah tak terbatas
  3. Terdapat social media yang memungkinkan member menulis status yang langsung dishare dan dapat dikomentari)
  4. Posting dari masing2 blog juga dishare melalui timeline sehingga semua aktifitas bisa dilihat oleh member lain
  5. Forum: siapapun bisa mengikuti atau membuat forum baru. Anda dapat mengelola dan berkumpul dengan Blogger yang memiliki minat sama dengan minat yang Anda miliki
  6. Terdapat banyak event dikompetisikan seperti diumumkan lewat event sister.

Mengelola Blog WordPress FBUNEJ

Pengelolaan Blog WordPress FBUNEJ dapat dilakukan seperti pengelolaan situs WordPress pada umumnya. Anda dapat memilih themes wordpress yang sesuai dengan selera Anda di Menu Appearance>Themes. Jika Anda memerlukan fitur lain seperti Visitor Statistik, berbagai tools importer dan sebagainya, Anda dapat mengaktifkan plugin di menu bar Plugin.

Untuk pertanyaan dan konsultasi pengelolaan Blog WordPress FBUNEJ, Anda dapat bergabung di Group Basic Blogging FBUNEJ atau di Grup Facebook Forum Blogger UNEJ.

Penutup

FBUNEJ adalah fasilitas Teknologi Informatika UNEJ yang diharapkan menjadi wadah kreativitas seluruh lapisan Civitas Academika Universitas Jember. FBUNEJ merupakan versi baru dari dua subdomain blog yakni student.unej.ac.id dan staff.unej.ac.id. Kedua subdomain tersebut masih beroperasi dan dapat digunakan untuk kegiatan blogging seperti biasa.