Lustrum ke IV disemarakkan oleh seluruh keluarga besar farmasi Unej, baik mahasiswa yang masih aktif maupun Ikatan Keluarga Alumni. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Ikatan Mahasiswa Alumni Farmasi Universitas Jember yaitu kegiatan edukasi, pemanfaatan, dan pembuatan jamu, serta bakti sosial. Kegiatan edukasi, pemanfaatan, dan pembuatan jamu dilakukan pada tanggal 14 Mei 2023 lalu, sedangkan bakti sosial diadakan pada 21 Mei 2023. Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Curahnongko Kecamatan Tempurejo, Jember, Jawa Timur.

            Pada tanggal 14 Mei 2023, IKA Farmasi melakukan kegiatan edukasi, pemanfaatan, dan pembuatan jamu. Sebelum terlaksananya kegiatan, IKA Farmasi telah berkoordinasi dengan pihak kepala desa dan sekretaris desa untuk mengundang peserta dan mengajak warga untuk mengikuti serangkaian acara. Acara ini dihadiri terutama oleh para Kader Posyandu. Acara diawali dengan edukasi atau pemaparan 2 materi dan 1 pelatihan. Materi yang dibawakan yaitu antihipertensi herbal dan mengelola usaha kecil obat tradisional. Pelatihan yang dibawakan yaitu pembuatan jamu tradisional. Masing-masing pemateri didapatkan dari alumni. Acara yang telah disiapkan oleh 20 panitia dari alumni ini berjalan dengan baik dan diharapkan menjadi bekal untuk masyarakat yang ada di sekitar Desa Curahnongko.

IKA Farmasi UNEJ selanjutnya melaksanakan kegiatan bakti sosial pada tanggal 21 Mei 2023. Kegiatan yang dilakukan yaitu cek kesehatan dan pengobatan gratis, meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, kadar asam urat, dan kolesterol, konsultasi gratis masalah kesehatan bersama 4 dokter puskesmas Curahnongko, serta informasi obat gratis oleh Apoteker UNEJ. 7 Orang dari komunitas PIONEER turut hadir pada kegiatan bakti sosial untuk membantu IKA Farmasi. “Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, 7 orang yang telah terpilih untuk ikut bakti sosial mendapatkan penyuluhan dari Kak Dharma selaku ketua dari PIONEER. Misalnya kegiatan yang akan dilakukan disana, tugas apa yang kita lakukan,  menghafalkan obat yang akan dibagikan saat acara, dan bagaimana cara melakukan cek kesehatan,“ ucap Nurmaisita, salah satu anggota PIONEER. PIONEER turut melakukan persiapan 3 minggu sebelum kegiatan. Kegiatan cek kesehatan dilakukan oleh panitia dari IKA Farmasi dan komunitas PIONEER. Dengan dihadiri 100 warga Desa Curahnongko untuk pemeriksaan kesehatan gratis, acara bakti sosial berjalan dengan lancar. Acara ditutup dengan pemberian souvenir pada warga.

Acara bakti sosial yang bertempat di Desa Curahnongko tanggal 21 Mei ini sempat diliput oleh media Jember Tv. Liputan dapat dilihat pada tautan berikut.