I:\MAWAPRES\IMG_9176.JPG

by Arini,

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tingkat nasional merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Dikti kepada seluruh Perguruan Tinggi Nasional (PTN) di Indonesia. Dilansir dari halaman http://belmawa.ristekdikti.go.id kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong perguruan tinggi dalam mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi/capaian unggul dan membanggakan secara berkesinambungan, untuk menyongsongnya maka Universitas Jember melukakan seleksi PILMAPRES tingkat universitas dimana kandidatnya berasal dari mahasiswa berprestasi yang sudah diseleksi dari masing-masing fakultas.

Pada hari Jumat, 2 Maret 2018 telah dilangsungkan kegiatan PILMAPRES Fakultas Farmasi 2018 di ruang multimedia pukul 10.00 WIB. Pada kegiatan tersebut seluruh kandidat calon Mawapres melakukan presentasi terkait Karya Ilmiah yang telah dibuat, disertai sesi tanya jawab oleh para juri dengan menggunakan Bahasa Inggris. Adapun jurinya yaitu:

  1. Indah Purnama Sary, S.Si., M.Farm, Apt
  2. Ika Puspita Dewi, S.Farm.,M.Biomed.,Apt.
  3. Antonius Nugraha Widhi Pratama, S.Farm., M,PH., Apt

Dalam seleksi Pilmapres ini akan dipilih mahasiswa yang memiliki kecerdasan komprehensif antara hard skills dan soft skills secara selaras dan seimbang, baik yang telah didapatkan dari kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian oleh para juri, didapatkan juara Mawapres Fakultas Farmasi 2018 yaitu:

  1. Juara I : Ifan Arif Maulana (152210101122)
  2. Juara II : Nimas Ayu Amanda Putri (152210101002)
  3. Juara III : Arini Fitria Zain (152210101084)
  4. Harapan I : Tinton Agung Laksono (152210101097)
  5. Harapan II : Muhammad Kholilur Rohman (152210101066)

Ifan sebagai Juara I Mawapres Farmasi akan mewakili Fakultas Farmasi dalam seleksi Mawapres tingkat universitas bersama delegasi Mawapres dari fakultas-fakultas lain. Seleksi Mawapres tingkat universitas dilaksanakan menjadi dua tahapan, yaitu psikotes pada tanggal 16 Maret 2018 dan presentasi Karya Ilmiah pada tanggal 19 Maret, dimana masing-masing tahapan tersebut dilanjutkan dengan forum diskusi bersama. Ifan menyiapkan diri untuk tahap seleksi tersebut dibantu dengan bimbingan dari Bu Endah Puspitasari, Bu Ika Puspita Dewi dan Pak Antonius Nugraha.

Ifan mengungkapkan bahwa keterlibatannya dalam serangkaian kegiatan PILMAPRES ini mampu memberikan banyak kesan tersendiri, diantaranya yaitu mampu menambah wawasan, relasi, dan lebih mengenal ruang lingkup akademik di Fakultas Farmasi maupun pada tingkat universitas. Meskipun pada kesempatan kali ini Ifan masih belum bisa menjuari Mawapres tingkat universitas, patutlah segala usahanya kita apresiasi, “Saya berharap untuk periode selanjutnya Fakultas Farmasi bisa melenggang mengambil juara Mawapres di tingkat universitas bahkan nasional” tutur Ifan. Oleh sebab itu Ifan berharap kedepannya prestasi mahasiswa di ranah internasional bisa lebih ditingkatkan agar dapat menjadi koleksi-koleksi kejuaran bagi fakultas, sehingga nantinya dapat menjadi modal besar bagi kita untuk menyambut PILMAPRES pada periode selanjutnya. Tentu hal ini menjadi PR besar bagi kita untuk dapat mengevaluasi kegagalan kemarin, disini peran serta dari seluruh keluarga besar Fakultas Farmasi tentu sangat diperlukan. Semangat membenahi dan sampai bertemu di PILMAPRES 2019 !

I:\MAWAPRES\IMG_9148.JPG

Bu Indah Purnama Sary, S.Si., M.Farm, Apt., Bu Ika Puspita Dewi, S.Farm.,M.Biomed.,Apt. dan Pak Antonius Nugraha Widhi Pratama, S.Farm., M,PH., Apt selaku juri PILMAPRES Fakultas Farmasi 2018

I:\MAWAPRES\IMG_9136.JPG

Ifan Arif Maulana saat presentasi di PILMAPRES Fakultas Farmasi

Ifan Arif Maulana saat presentasi di PILMAPRES tingkat Universitas Jember