by Arini

Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Jember telah mengadakan serangkaian kegiatan lomba dalam menyambut Dies Maulidiyah yang ke-52 tahun pada tanggal 20 Februari 2018. Salah satu cabang lomba yang diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember atas nama Afrian Rosyadi (162210101053) adalah lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dengan total sebanyak 29 peserta Se-Jember dari kalangan SMA/MA sederajat, pondok pesantren dan mahasiswa. Mahasiswa yang kerap disapa Afrian ini memaparkan kegiatan yang berlangsung dalam satu hari itu yaitu “Pertama-tama ada pembukaan dengan perkenalan dari dua juri, pukul 08.00 WIB peserta nomer urut 1-22 mulai membacakan tilawatilnya, kemudian jeda istirahat dari Jam 12.30 sampai 14.00 WIB. Baru kemudian dilanjutkan peserta nomer urut 23-29, hingga pada pukul 14.15 WIB dibacakan pengumuman pemenang”.

Pada lomba tersebut Afrian memilih untuk membawakan tilawah surah Al-Baqoroh ayat 8-13, surah tersebut bukan tanpa alasan dipilih olehnya, pasalnya dari sejak kelas 6 SD dia sudah menguasai lagu dan surah yang dibawakannya tersebut. Iya Afrian sudah terjun di dunia MTQ sejak duduk dibangku kelas 6 SD, Ia sempat mengenyam bimbingan MTQ namun selebihnya Ia belajar secara otodidak untuk mengembangkan bakat yang dimiliki. Tentu dalam menyambut lomba ini Afrian sudah menyiapkan diri dengan sebaik mungkin melalui latihan tajwid dan lagu yang hendak dibawakan, namun pada lomba kali ini Afrin masih belum berkesempatan untuk menang. Terlepas dari kegagalan lombanya kali ini, Afrian sangat bersyukur karena bisa mendapat banyak pengalaman, seperti bisa mendapatkan relasi dan menambah jaringan yang lebih luas, sekaligus bisa membuka mata terhadap kualitas bakat yang dimiliki oleh lembaga lain. Sebab menurut Afrian, meskipun kita berembel-embel “Farmasi” yang umumnya berkecimpung di dunia kesehatan, tapi jika ada bakat yang dimiliki tidak hanya melulu tentang dunia kesehatan, maka hal itu akan menjadi poin plus tersendiri.

“Kedepannya Insyaallah saya akan terus mengasah bakat yang saya miliki dan mencoba ikut lomba-lomba dikesempatan lainnya” tutur Afrian dengan semangat. Patutnya bibit-bit bakat yang sudah tumbuh di kalangan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember layaknya Afrian ini harus terus kita optimalkan potensinya, misalnya dengan latihan dan pembinaan secara intensif. Iya peran serta dari seluruh keluarga besar Fakultas Farmasi Universitas Jember tentu juga diharapkan agar talenta-talenta yang ada dapat terus dikembangkan dan menjadi tongkat estafet dalam menghasilkan prestasi dikemudiannya.

Harapan bagi seorang Afrian untuk Fakultas kita tercinta adalah agar Fakultas Farmasi Universitas Jember bisa lebih “dikenal” oleh semua kalangan, dan tentunya hal tersebut juga menjadi harapan bersama bagi kita semua. Oleh sebab itu mari terus bersemangat dalam mengasah dan “Show Up” bakat-bakat yang kita miliki demi menorehkan prestasi bagi Fakultas Farmasi Kita Tercinta.

C:\Users\ASUS\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2018-02-27 at 16.47.55.jpeg

Salah satu dokumentasi kegiatan lomba