Untitled

Fakultas Farmasi Universitas Jember (UNEJ) telah melaksanakan Student Exchange bersama Department Pharmacy, School of Health Care Professions, University of San Carlos, Filipina. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 9 Februari 2017 hingga 18 Februari 2017. Satu dosen dan 5 mahasiswa Fakultas Farmasi ditambah dengan wakil fakultas tergabung dalam satu rombongan dengan tim dari fakultas lain. Selanjutnya, kami akan berbagi cerita dan pengalaman perjalanan tersebut.

Keberangkatan Hingga Tiba Di Negeri Tetangga

Kami berangkat dari Jember ke Surabaya pada 8 Februari pukul 11.30 dengan kereta api Mutiara Timur Siang. Perjalanan dari Juanda International Airport Surabaya menuju Mactan Cebu International Airport ditempuh menggunakan pesawat Silk Air dengan terlebih dahulu transit di Changi Airport Singapore. Kami tiba di Cebu pada 9 Februari  pukul 11.00 waktu setempat. Tempat tinggal kami selama di Cebu ialah di LM Dormitel.

Berbagi Ilmu: Hari Pertama

Kegiatan student exchange ini diawali dengan acara 3rd SCHP International Research Conference. Inti dari konferensi hari pertama ini adalah presentasi penelitian 5 mahasiswa farmasi UNEJ yang dibagi ke dalam dua lokasi, yaitu di Robert Hoeppener AVR dan Rigney Hall. Dua orang, Laurensia Jeany dan Stella Christa Santoso melakukan presentasi oral di Robert Hoeppener AVR. Jeany mempresentasikan Antidiabetic Effect of Methanol Extract of Tobacco Leaves (Nicotiana tabacum L.) on Alloxan-Induced Diabetic Mice dan Stella mempresentasikan penelitiannya yang berjudul Formulation and Evaluation of Capsules Containing Microspheres of Metformin Hydrochloride.

Adapun tiga mahsiswa lainnya, Edwin membawakan penelitian berjudul Antimicrobial Activity Comparison of Beluntas Leaves Ethanolic Extract (Pluchea Indica L.) as Antiseptic Gel and Spray, Yuvita memaparkan tentang Antioxidant Assay of Ethanolic Extract of Arcangelisia flava L. Merr. Leaves, dan Nadya mengenai Total Phenol, Flavonoid, and Alkaloid Content Determination of Various Extracts of Tobacco Leaves (Nicotiana tabacum L.) Locally Grown in Jember. Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember, Lestyo Wulandari, Msc. Apt., menjadi salah satu panelis di Robert Hoppener AVR, sedangkan wakil dosen, Endah Puspitasari, Msc. Apt. menjadi salah satu panelis di Rigney Hall. Presentasi dilakukan selama 10 menit untuk masing-masing peserta. Alhasil, Elizabeth Tan, RPh, MS Pharm sebagai dosen Farmasi USC berkenan menyerahkan sertifikat kepada seluruh presentator. Acara konferensi hari pertama ini ditutup dengan makan malam di Gedung SAFAT dan dilengkapi dengan penampilan seni dari mahasiswa USC. Penampilan seni berupa tari tradisional dan nyanyian lagu tradisional.

sss

Berbagi Ilmu: Hari Kedua

Kegiatan konferensi pada hari kedua (11 Februari) ini dikhususkan untuk Professional Research (Dosen) dan bertempat di gedung Michael Richartz Tourism Center. Total 10 presenter baik dari UNEJ maupun USC yang mempresentasikan hasil penelitian mereka. Presenter yang berasal dari UNEJ berjumlah 3 orang, yaitu Endah Puspitasari (Fakultas Farmasi) dengan judul  Development of Ethanolic Extract of Arcangelisia flava as Cancer Co-Chemotherapeutic Agent), Lestyo Wulandari (Fakultas Farmasi) dengan judul Efficiency of Phytochemical Screening of Medicinal Plant Extract by Near Infrared Spectroscopy and Chemometric, dan Rondhianto (Program Studi Ilmu Keperawatan) dengan judul The Effect of Urinary Catheter Care Using Povidone Iodine 10% to Colonization of Esherichia coli on Patient Urine in Women Surgical Ward Dr. Soebandi Hospital Jember.

professional presentation (bu endah)

Hal yang menarik, setelah kegiatan konferensi berakhir, acara dilanjutkan dengan  interschool yang merupakan acara tahunan Departemen atau Fakultas Farmasi dari seluruh Universitas di Cebu yaitu University of Southern Philippines Foundation (Alpha Chapter), University of the Visayas (Kappa Chapter), Cebu Doctors University (Lambda Chapter), University of San Carlos (Pi Chapter), dan Southwestern University (Theta Chapter). Kami ketahui kemudian bahwa acara ini bertujuan untuk membangun kerjasama antar mahasiswa farmasi.

Hari Ketiga – Kelima: Sambil Menyelam Minum Air

Pada hari ketiga, kami pergi ke Bohol Island bersama dengan Ibu Yolanda C. Deliman dan lima mahasiswa master dari USC.. Kami mengunjungi Blood Compact Monument, Tarsier Conservation Area, Chocolate Hill, Loboc Riverwatch Floating Restaurant, dan Bohol Bee Farm. Keesokan harinya, kami di ajak berkeliling ke Nutrition and Dietary Departement USC dan gedung teknikdi USC Talamban Campus. Setelah itu partisipan mengunjungi 2 museum yang berada di USC Down town Campus. Sore harinya, partisipan melakukan community service dengan bersosialisasi dan bermain bersama anak-anak yang berada di pinggiran Cebu.

Hari Keenam: Kejutan

Acara hari ini diawali dengan kunjungan ke Laboratorium Farmakologi untuk melihat mahasiswa yang sedang praktikum mengenai anti-inflamasi terhadap kelinci. Kemudian kami mengunjungi Perpetual Succour Hospital untuk mengetahui lebih dalam mengenai sistem instalasi farmasi rumah sakit. Acara hari ini ditutup dengan pertemuan kami dengan President USC di Downtown Campus.

ss

Keesokan harinya, mahasiswa mengikuti kelas budaya dan kelas resistensi antibiotik bersama dengan mahasiswa 2nd year (tahu kedua). Selanjutnya, kami diajak mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan wawasan mengenai online databaseuntuk mencari jurnal penelitian internasional seperti Scopus, Sciencedirect, ACS, dan lain-lain. Hari ini kami juga mendapatkan kejutan berupa balon dan bingkisan coklat.

Hari Ketujuh: Tur

Pada hari ketujuh, kami mengikuti kelas public health,dosage forms,melakukan laboratory session dengan materi index of refraction, dan kelas konseling. Setelah makan siang, kami mengunjungi museum biologi yang ada di Gedung Josef Baumgartner Learning Resource Center. Sore harinya, kami mengunjungi laboratorium hewan untuk melihat bagaimana cara penanganan hewan uji. Keesokan harinya, kami mengikuti kelas probabilitas, farmakologi, farmakoterapi, dan pharmacare. Kami mendapatkan tugas untuk menuliskan alasan mengenai “I love me because..”. Hasil dari tugas ini dibagikan di kelas 2nd year dengan membentuk 5 kelompok. Sepanjang sore kami berkunjung ke mall terbesar di Cebu yaitu SM Seaside. Sesampainya di SM Seaside, kami mencoba ice skating, menikmati pemandangan Sky High, makan malam, dan belanja souvenir.

Hari Terakhir: Perpisahan

Hari terakhir di Cebu, kami mengunjungi apotek yang ada di supermarket. Siang harinya, kami makan siang perpisahan di restoran Chikaan Sa Cebu. Setelah makan siang, kami mendapatkan sertifikat sebagai partisipan Student exchange dan Lecturer exchange (untuk Ibu Endah).

s

Kami juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi USC Marine Research Center yang terletak di pesisir pantai dekat dengan Mactan Cebu International Airport. Kami sempat bertemu dengan satu mahasiswa master dari USC yang sedang melakukan penelitian mengenai pengaruh suhu terhadap perkembang biakan upside-down jelly fish yang merupakan spesies ubur-ubur yang cukup sering ditemui di pantai tersebut.

Akhirnya, setelah menjalani student exchange selama 9 hari, kami kembali ke Jember dan tiba pada Minggu, 19 Februari 2017 pukul 19.00 WIB.

———–

Sumber: Peserta Student Exchange.