By Afriza

Fakultas Farmasi Universitas Jember kembali mengadakan kuliah tamu yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 April 2019 dari pukul 13.30 sampai 15.30 di R. Laboratorium Farmasi Gedung Baru. Pembicara pada kuliah tamu kali ini yaitu bapak Siswanto Tanuadmodjo, S.Si., Apt. yang merupakan Manager of R&D Departemen PT. Interbat. Pada kesempatan kali ini tema yang disampaikan cukup menarik perhatian peserta yaitu mengenai “Research and Development (R&D) di Industri Farmasi”.

Dari materi yang disampaikan bisa diketahui bahwa R&D di Indonesia biasanya lebih berfokus pada pembuatan me too products. Me too products adalah produk yang didesain untuk menjadi imitator dari produk yang lebih dulu masuk ke pasar dan telah sukses, dimana baru boleh diluncurkan saat hak paten obat tersebut sudah habis (kurang lebih 5 tahun). Adapun alur yang harus dilakukan yaitu melihat permintaan dari pasar, survei harga produk patennya, memastikan industri memiliki fasilitas sesuai CPOB, praformulasi (karakterisasi produk inovator, zat aktif, sifat fisika kimia zat aktif), formulasi, scale up dan adjustment formulasi untuk produksi skala besar. Dalam proses produksinya sendiri, industri farmasi menjadikan proses pencatatan pada setiap tahapan produksi sebagai salah satu hal yang penting dan wajib dilakukan guna mengantisipasi jika ada permasalahan saat di lapangan, sehingga bisa ditelusuri letak kesalahannya.

Salah satu output yang didapatkan dari kuliah tamu kali ini menurut kacamata mahasiswi bernama Lila (angkatan 2016) adalah “Saya jadi lebih paham mengenai jobdesc dari R&D di industri farmasi Indonesia serta ruang lingkupnya”. Secara tidak langsung hal ini sesuai dengan harapan dari diadakannya kuliah tamu kali ini, yaitu untuk memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa terhadap materi yang mungkin saja tidak disampaikan pada saat proses perkuliahan.

Sesi foto bersama