Pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 telah diadakan kuliah tamu di gedung baru Laboratorium Farmasi UNEJ dengan pembicara dari Bu Mariatul Qibtiyah, S.Si., Apt., SpFRS., yang merupakan Penanggung Jawab Farmasi Klinik Anak di Instalasi Farmasi RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Kuliah tamu kali ini dirasa sangat menarik karena tema yang diangkat adalah “Penerapan Pharmaceutical Care dalam Manajemen Terapi di Rumah Sakit”.

Adanya isu terkait rencana pembangunan jangka panjang bidang kesehatan (RPJP-K) yang sudah dicanangkan mulai dari tahun 2005-2025 berupa program Indonesia Sehat 2025 menyisakan pertanyaan-pertanyaan besar tentang peran dari seorang farmasis dalam membantu pencapaian tersebut, sehingga pada kuliah tamu kali ini Bu Mariatul Qibtiyah telah menjelaskan secara gamblang terkait salah satu peran dari farmasis dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya di Rumah Sakit. Sebagai seorang farmasis yang bekerja di RS, nantinya kita dituntut untuk dapat memiliki kemampuan regulasi, manajerial, dan keprofesionalitasan dalam membangun hubungan kerja sama antar tenaga kesehatan guna meningkatkan perolehan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat luas. Dari materi yang telah disampaikan, dapat dilihat bahwasannya respon mahasiswa sangatlah antusias, yaitu tercerminkan melalui adanya pertanyaan-pertanyaan kritis yang mampu memicu forum diskusi secara dua arah.

Diharapkan melalui kuliah tamu ini, kita dapat lebih mendalami peran dan fungsi kita sebagai farmasis di masa yang akan datang. Semangat membentuk diri menjadi farmasis yang berkualitas lagi profesional !.

Suasana saat kuliah tamu berlangsung

Sesi foto bersama