by Arini

Pada hari Jumat, 22 Februari 2019 telah dilangsungkan kegiatan Pilmapres Fakultas Farmasi di ruang multimedia pukul 08.00-10.00 WIB. Pada kegiatan tersebut seluruh kandidat Mawapres terlebih dahulu melakukan registrasi sekaligus mengambil nomor urut untuk tampil, dimana nantinya saat nomor urut pertama sedang melangsungkan presentasi, maka peserta lainnya bergantian untuk melakukan wawancara dengan juri Dr. Yudi Wicaksono, S.Si., M.Si., Apt. terkait prestasi-prestasi yang telah dimiliki. Adapun presentasi yang dilakukan adalah terkait Karya Tulis Ilmiah yang telah dibuat sesuai dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs)” selama 10 menit, kemudian diikuti sesi tanya jawab oleh para juri dengan menggunakan bahasa inggris. Dosen farmasi lain selaku juri pada kegiatan kali ini yaitu Dr. Lina Winarti, S.Farm., M.Sc., Apt. dan Kuni Zu’aimah Barikah, S.Farm., M.Farm., Apt.

Kegiatan ini merupakan bagian dari ajang bergengsi tingkat nasional Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) 2019 untuk seluruh Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Indonesia yang diselenggarakan oleh Dikti di samping PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Dilansir dari halaman http://belmawa.ristekdikti.go.id, tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong seluruh PT di Indonesia dalam menciptakan pengembangan atmosfer akademik yang dapat meningkatkan capaian prestasi bagi mahasiswanya. Hal inilah yang juga mendorong Universitas Jember untuk turut berpartisipasi dan melakukan seleksi Pilmapres di tingkat universitas, dimana kandidatnya berasal dari mahasiswa berprestasi yang sudah diseleksi dari masing-masing fakultas.

Dalam seleksi Pilmapres ini akan dipilih mahasiswa yang memiliki kecerdasan komprehensif antara hard skills dan soft skills secara selaras dan seimbang, baik yang telah didapatkan dari kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian oleh para juri, didapatkan juara Mawapres Fakultas Farmasi 2019 yaitu:

  1. Juara I : Anjas Setya Prakasa (162210101068)
  2. Juara II : Ni’matul Mauludiyah (162210101070)
  3. Juara III : Jihan Fatmalah (162210101081)
  4. Harapan I : Zion Mahardikara (162210101040)

Anjas selaku Mawapres Utama Farmasi UNEJ 2019 mengungkapkan bahwa keterlibatannya dalam serangkaian kegiatan ini mampu memberikan banyak kesan tersendiri, diantaranya yaitu merasa senang karena usaha yang sudah dilakukan olehnya dapat terbayar melalui perasaan bangga dari kedua orang tuanya atas pencapaiannya tersebut. Di sini Anjas juga berpesan “Untuk teman-teman lainnya, khususnya adek-adek semua jangan takut untuk mencoba, karena kebanyakan dari kita pasti terlebih dahulu dipatahkan oleh rasa takut yang muncul, jadi persiapkan semaksimal mungkin, berikan yang terbaik, dan serahkan semuanya kepada Tuhan. Tunjukkan bahwa kalian bisa memberikan suatu hal yang positif minimal di lingkungan fakultas melalui terus bersemangat dalam hal meraih prestasi, karena siapapun juga bisa menjadi sosok yang menginspirasi”.

Nantinya Anjas akan mewakili Fakultas Farmasi dalam seleksi Mawapres tingkat universitas bersama delegasi Mawapres dari fakultas-fakultas lain. Seleksi tersebut akan dilakukan menjadi dua tahapan, yaitu psikotes pada tanggal 16 Maret 2019 dan presentasi Karya Ilmiah pada tanggal 19 Maret 2019, dimana Anjas kali ini mempersiapkannya juga atas bimbingan dari Endah Puspitasari, S.Farm., M.Sc., Apt. Bukan menjadi hal yang mudah tentunya, sebab saat ini Anjas juga tengah melaksanakan Student Exchange di University of San Carlos Filipina, sehingga patutlah perjuangan dari Anjas untuk memberikan yang terbaik bagi fakultas ini selalu bisa kita dukung dan apresiasi. Semangat berjuang bagi kita semua !

E:\Kuliah Reni\WEB Farmasi\Dokumentasi\22.2.19\IMG_9513.JPG

Anjas Setya Prakasa saat presentasi

E:\Kuliah Reni\WEB Farmasi\Dokumentasi\22.2.19\IMG_9519.JPG

Ni’matul Mauludiyah saat presentasi

E:\Kuliah Reni\WEB Farmasi\Dokumentasi\22.2.19\IMG_9517.JPG

Jihan Fatmalah saat presentasi

E:\Kuliah Reni\WEB Farmasi\Dokumentasi\22.2.19\IMG_9505.JPG

Zion Mahardikara saat presentasi