C:\Users\ASUS\Downloads\WhatsApp Image 2018-07-03 at 22.54.04.jpeg

By Chandra, Afriza, Arini

POLYMER 2018 (Pharmaceutical Competition of University of Jember) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi Universitas Jember bekerja sama dengan seluruh mahasiswa farmasi angkatan 2017. Kegiatan ini terdiri dari tiga jenis lomba, diantaranya Pharmaceutical Competition yang ditujukan untuk siswa SMA/SMK/MA sederajat se Jatim-Bali, Essay dan Poster Competition yang ditujukan untuk mahasiswa/i aktif D3 maupun S1 di perguruan tinggi seluruh Indonesia. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai 1.397 yang terdiri dari 438 peserta Olimpiade Kefarmasian serta 39 peserta Essay dan Poster.

Babak penyisihan Olimpiade Kefarmasian dilakukan pada hari Minggu, 12 Agustus 2018 yang menyebar di 8 rayon se Jatim-Bali yaitu Jember, Probolinggo, Bali, Surabaya, Kediri, Malang, Madiun dan Madura dengan tema Intelligence, Integrity for the Great, Gleaming Future. Olimpiade ini merupakan sarana untuk memperkenalkan Fakultas Farmasi Universitas Jember serta turut berpartisipasi dalam meningkatkan prestasi dan intelektual anak bangsa khususnya di bidang kefarmasian. Sedangkan untuk lomba Essay dan Poster dilakukan penyisihan online dengan pengumpulan terakhir karya di waktu yang sama, yaitu merujuk pada tema Peran Strategis Mahasiswa sebagai Agen Perubahan dalam Mempersiapkan SDGS 2030.

Untuk semifinal dan final dilaksanakan bersamaan baik Olimpiade Kefarmasian ataupun Essay dan Poster pada hari Minggu, 26 Agustus 2018 di Fakultas Farmasi Universitas Jember yang diikuti oleh 30 tim Olimpiade, 10 Tim Essay dan 5 Tim Poster. Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta dan dilanjutkan dengan pembukaan berupa penampilan tari Sesonderan oleh UKM-K Fakultas, kemudian laporan oleh ketua panitia Polymer, sambutan oleh Ketua BEMF Farmasi dan yang terakhir sambutan oleh Bu Endah Puspitasari, S.Farm.,M.Sc., Apt. selaku Wakil Dekan bagian Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Sambutan oleh Bu Endah Puspitasari, S.Farm.,M.Sc., Apt

Kemudian acara berikutnya adalah babak semifinal untuk peserta Olimpiade Kefarmasian yakni berupa Tour Lab. Pada kegiatan ini peserta dibagi menjadi 4 kelompok untuk memasuki 4 laboratorium di Fakultas Farmasi diantaranya laboratorium biologi, kimia, biomedik, dan preskripsi dimana di tiap laboratorium, peserta dapat melakukan praktikum berdasarkan petunjuk yang telah disiapkan atau menjawab soal yang memiliki hubungan dengan laboratorium tersebut.

Praktikum di Lab. Kimia

Untuk Olimpiade Kefarmasian terdapat 5 tim yang lolos kompetisi kefarmasian dan kembali beradu kemampuan dalam babak final, yaitu terbagi menjadi babak cerdas cermat dan kalkulasi dengan metode siapa yang menjawab cepat dan tepat akan mendapatkan nilai tertinggi, lalu babak studi kasus dimana masing-masing peserta mendapat soal untuk didiskusikan terlebih dahulu dengan anggotanya kemudian dilakukan presentasi.

Babak Cerdas Cermat dan Babak Studi Kasus

Sementara pada waktu yang sama peserta Essay dan Poster berkompetisi untuk memberikan presentasi terbaiknya dan kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab oleh dewan juri dengan total waktu selama 25 menit.

Presentasi Essay dan Poster

Kemudian pengumuman pemenang lomba Olimpiade Kefarmasian, Essay, dan Poster menjadi satu tempat yaitu di Ruang Kuliah 1 sekaligus pemberian hadiah dan dilanjutkan dengan penutupan serta sesi dokumentasi. Setelah melewati segenap rangkaian acara perlombaan tadi, maka didapatkan pemenang sebagai berikut:

Juara Olimpiade Kefarmasian yaitu:

  • Juara 1 diraih oleh tim dari SMAN 2 Lumajang
  • Juara 2 diraih oleh tim dari SMKF Saraswati 3 Denpasar
  • Juara 3 diraih oleh tim dari SMAN 1 Trenggalek

Juara Lomba Essay yaitu:

  • Juara 1 diraih oleh Bella Tania dan Daniel Irawan P dari ITB
  • Juara 2 diraih oleh Steven dan Athalia Theda Tanujaya dari UI dan
  • Juara 3 diraih oleh Ach. Nafila Rozie dan Arwani Hasbullah Akbar dari ITS

Juara Lomba Poster:

  • Juara 1 diraih oleh Ikhar Ridho D, Septi Sudianingsih, dan Fawwas B. Putra P. dari UNEJ
  • Juara 2 diraih oleh Idang Ramadhan, Rizhal Nugraha, Ahmad Sidik dari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Juara Favorit diraih oleh Risma Nuril Kholisoh, Danis Alfitasari, dan Fakhrina Salsabila

Pemenang Lomba Olimpiade Kefarmasian

Pemenang Lomba Essay

Pemenang Lomba Poster

Selamat kepada para juara lomba dan kami sampaikan terimakasih atas keikutsertaannya di POLYMER 2018. Sampai jumpa di POLYMER 2019 mendatang.