IMG_8524.JPG

by Regita & Arini on October 07

Ajang PKM RAYA II merupakan suatu perlombaan lokal se-Universitas Jember dalam rangka mengasah kemampuan mahasiswa aktif S1/D3 Universitas Jember terkait pembuatan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh UKM PELITA UJ (Penelitian dan Penalaran Mahasiswa-Universitas Jember). Terdapat 7 bidang PKM yang dilombakan, yaitu meliputi PKM Penelitian Eksakta, PKM Penelitian Sosial Humaniora, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Penerapan Teknologi, PKM Karsa Cipta, dan PKM Gagasan Tertulis.

Fakultas Farmasi kali ini mengerahkan 11 tim PKM-nya menuju perlombaan PKM RAYA II. Bukanlah hal yang mudah dalam mengikuti PKM RAYA II ini, sebab satu per satu langkah administratif harus mampu terpenuhi, hingga sampai pada sebuah titik final berupa presentasi dari masing-masing proposal PKM yang telah dibuat. Final PKM RAYA II bertempat di Fakultas Farmasi pada tanggal 29 September 2018. Sebanyak 4 tim dari Fakultas Farmasi melangkah menjadi finalis pekan lalu. Tim yang diketuai oleh Mariatul Kibthiyah (2016), Khoirun Nisak (2016), Nargiss Lukman H.S (2016), dan Yani Putri (2016) siap membawa nama baik bagi Fakultas Farmasi. Keempat tim tersebut bergelut pada bidang PKM Penelitian Eksakta.

Momen spektakuler saat malam penganugerahan PKM RAYA II pada 04 Oktober 2018 di Gedung Soetardjo seakan membayar hasil kerja keras yang dilakukan oleh masing-masing tim, terkhusus tim dari Fakultas Farmasi. Ramai tepuk tangan dan sorakan hadirin menyambut langkah kaki tim dari Fakultas Farmasi ketika maju ke pentas untuk menerima penghargaan. Tidak disangka Fakultas Farmasi mampu membawa pulang Piala Juara Umum PKM RAYA yang sebelumnya singgah di fakultas tetangga. Tiga kategori juara yang diraih yaitu

  • The Best Presentation Kelas PKMP 01 oleh Tim yang diketuai oleh Nargiss Lukman H.S, dengan judul PKM “Inovasi SELIN (Spray Gel Kolagen Sisik Ikan Nila) sebagai Agen Pengobatan Luka Bakar Non Invasif”
  • The Best Presentation Kelas PKMP 02 dan The Best Poster oleh Tim yang diketuai oleh Mariyatul Kibthiyah, dengan judul PKM “Pengembangan Nanopartikel Kitosan Ekstrak Fenolik Kulit Jeruk Bali (Citrus maxima) Untuk Terapi Diabetes Melitus Tipe 2 dan Resiko Kardiovaskuler Yang Terkait

IMG-20181007-WA0144.jpg

Tim PKM Fakultas Farmasi

IMG-20181007-WA0149-01.jpeg

Wakil Dekan III Farmasi beserta seluruh pemenang PKM Raya II

Tentu perjuangan di PKM RAYA II tidak boleh dihentikan begitu saja, karena ini baru langkah awal dalam menyongsong ajang bergengsi yang sebenarnya, yaitu PKM DIKTI Pendanaan 2019 dengan PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) sebagai puncaknya. Semoga sinergi positif dari kegiatan PKM Raya II ini mampu memberi semangat dan motivasi bagi seluruh tim, baik yang sudah atau belum lolos dalam ajang PKM Raya II, karena semua tim tentu memiliki peluang yang sama di ajang PKM Dikti Pendanaan 2019. Dimungkinkan ajang PKM Dikti akan terlaksana pada bulan-bulan di akhir Tahun 2018. Jadi tunggu apa lagi segera siapkan timmu ! Mari raih gemilang diajang PKM Dikti Pendanaan 2019 untuk menyongsong PIMNAS !