Program Studi S1 Farmasi

Fakultas Farmasi Universitas Jember memiliki dua program studi yaitu Program Studi Farmasi (S1) dan Program Studi Profesi Apoteker. Program Studi Farmasi (S1) Fakultas Farmasi Universitas Jember diselenggarakan berdasar SK Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor : 937/D/T/2003, tanggal 7 Mei 2003 dan diperbarui dengan SK penyelenggaraan Nomor 3922/D/T/K-N/2010.

KURIKULUM & PEMBELAJARAN

Pembelajaran di Program Studi Farmasi (S1) Fakultas Farmasi Universitas Jember dilaksanakan berdasarkan Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang KKNI Bidang Pendidikan, PP No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), dan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Penyelenggaraan pendidikan Sarjana Farmasi dilaksanakan dengan sistem kredit semester (SKS). Beban studi tahap program pendidikan pada program Sarjana Farmasi minimal 146 (seratus empat puluh enam) SKS yang terdiri dari 12 SKS mata kuliah umum wajib, 125 SKS mata kuliah wajib program studi dan minimal 4 SKS mata kuliah pilihan program studi serta skripsi/tugas akhir yang setara 5 SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang. dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester setelah kegiatan akademik awal semester pertama. Setelah menyelesaikan program pendidikan farmasi, maka mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Farmasi (S.Farm). Kegiatan akademik dilaksanakan dalam semester gasal dan genap, serta dapat dilaksanakan dalam semester antara. Semester gasal dimulai bulan Agustus sampai dengan Desember dan semester genap dimulai bulan Februari sampai dengan Juni. Pelaksanaan semester antara tahap pertama pada bulan Juli-Agustus, dan tahap kedua pada bulan Januari-Februari. Semester adalah kegiatan akademik perkuliahan yang dilaksanakan selama 16 kali pertemuan dalam setiap semester berjalan. Semester terbagi dua, yaitu gasal dan genap dalam setiap tahun akademik berjalan. Semester Antara adalah kegiatan akademik perkuliahan yang dilaksanakan diantara semester reguler setiap tahun akademik.

AKREDITASI

Program Studi Sarjana Farmasi (S1) Fakultas Farmasi Universitas Jember berstatus Terakreditasi dengan peringkat B (Good). Peringkat ini diberikan berdasarkan keputusan LAM-PTKes No.0029/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2015 tertanggal 20 Desember 2015. Status tersebut berlaku hingga 19 Desember 2020.