Fakultas Farmasi Universitas Jember merupakan salah satu Fakultas Farmasi di Jawa Timur selalu bertekad untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas dari tahun ke tahun. Berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh Fakultas Farmasi Universitas Jember terhadap lulusan apoteker di daerah tapal kuda baik alumni maupun non alumni menunjukkan gairah yang tinggi terhadap kebutuhan akan Magister Farmasi. Tentu saja ini menjadi peluang bagi Fakultas Farmasi Universitas Jember untuk semakin menunjukkan eksistensinya sebagai Fakultas Farmasi yang unggul.

Program Studi Magister Farmasi (PSMF) dalam penyelenggaraannya mempunyai visi dan misi yang tidak akan lepas dari visi dan misi Fakultas Farmasi yang juga merupakan terjemahan dari visi dan misi Universitas Jember. Visi, Misi dan Tujuan PSMF FF UNEJ ini mempunyai keunikan dibandingkan dengan Magister Farmasi yang dikelola oleh perguruan tinggi lainnya. Dalam pengembangan dan implementasi sains dan teknologi kefarmasian harus memperhatikan kelestarian i) memperhatikan kelestarian lingkungan; ii) menghasilkan karya yang memiliki nilai bisnis yang berdaya saing; dan iii) bercirikan agrofarmasi yaitu pengembangan bahan alam bernilai tambah kefarmasian (development of natural product based on pharmaceutical added values). Penggunaan kata “Agrofarmasi” dalam visi  PSMF FF UNEJ, selain merupakan adopsi dari visi UNEJ, juga sebagai komitmen dari  PSMF FF UNEJ dalam mewujudkan keunggulan ilmu dan teknologi dalam pengembangan kekayaan pertanian, perkebunan dan kehutanan sebagai salah satu potensi Kabupaten Jember. Pengembangan agrofarmasi tentunya harus berwawasan lingkungan yang berorientasi bisnis sehingga mampu mendorong munculnya technopreneurship yang bermanfaat bagi lulusan dan masyarakat. Selain itu agrofarmasi juga bertujuan untuk mengembangkan ilmu kefarmasian yang yang berorientasi kepada pasien secara komprehensif (Pharmaceutical care) sehingga terjadi peningkatan kualitas derajat kesehatan.

Menuju terselenggaranya PSMF di Fakultas Farmasi Universitas Jember, maka diadakan “Workshop Penyusunan Kurikulum Magister Farmasi” yang diselenggarakan pada tanggal 12 – 13 November di Hotel Meotel Jember. FGD ini diikuti oleh tim kurikulum dan mengundang beberapa narasumber yaitu Prof. Drs. Slamin, M.Com.Sc., Ph.D yang merupakan Wakil Rektor 1 Universitas Jember. Beliau memberikan materi mengenai arah kebijakan kurikuum di Universitas Jember. Acara ini juga mendatangkan Ketua Asosisasi Perguruan Tinggi Farmasi (APTFI), Prof. Dr. apt. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc.Eng yang memberikan amteri mengenai standar kurikulum S2 oleh APTFI dan Ketua Program Studi S2 Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Dr. apt. Agus Siswanto, M.Si yang memberikan sharing mengenai bagaimana kurikulum S2 yang diberlakukan di Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Acara ini dikemas dengan interaktif  dan merupakan bagian dari kegiatan yang kontinyu demi mendukung terlaksananya PSMF di Fakultas Farmasi Universitas Jember menuju “Kampus Agrofarmasi”. Mengutip sebuah kalimat dari Nelson Mandela “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mengubah dunia”, maka semoga berdirinya PSMF Fakultas Farmasi Universitas Jember ini memberikan andil bagi peningkatan kualitas generasi bangsa untuk mewujudkan Indonesia tangguh dan tumbuh.