E:\Pengabdian APT\Penyampaian materi.png

DAGUSIBU (DApatkan, GUnakan, SImpan, BUang) adalah Program Gerakan Keluarga Sadar Obat yang diprakarsai oleh Ikatan Apoteker Indonesia dalam mencapai pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan obat dengan benar. Saat ini dengan meningkatnya kemajuan teknologi berbasis online, masyarakat perlu mewaspadai iklan obat illegal menyesatkan yang banyak ditayangkan di media cetak, online, maupun elektronik. Untuk meminimalkan pengaruh buruk tersebut, maka perlu dilakukan kegiatan edukasi secara berkelanjutan pada masyarakat. Salah satu caranya dengan  menerapkan program DAGUSIBU. Mengingat pentingnya hal tersebut, apoteker diharapkan memiliki kemampuan dalam rangka meningkatkan penggunaan obat secara rasional. Namun, pada kenyataannya profesi ini belum cukup dikenal dan dipahami perannya oleh masyarakat luas. 

Dalam rangka memperkenalkan profesi apoteker kepada masyarakat, mahasiswa PSPA Angkatan XIII Fakultas Farmasi Universitas Jember mengadakan suatu program pengabdian masyarakat dengan tujuan memberikan edukasi melalui sosialisasi yang dilakukan secara daring. Program pengabdian masyarakat ini bertemakan “DAGUSIBU Obat di Rumah secara Daring dan Mengenalkan Profesi Apoteker pada Siswa/Siswi SMAN 4 Jember” dilaksanakan melalui zoom meeting pada tanggal 15 Oktober 2021 dengan ketua panitia Zion Mahardikara, S.Farm.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa/siswi SMAN 4 Jember. Teknis kegiatan dimulai dengan pemutaran video profil UNEJ dan dibuka dengan sambutan oleh dosen Bapak apt. Amrun Hidayat S.Si., M.Si, serta perwakilan guru SMAN 4 Jember. Tujuan yang disampaikan oleh Bapak apt. Amrun melalui sambutan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman siswa/siswi SMA dalam hal penggunaan obat dengan baik dan benar serta mengenal lebih dekat bagaimana tugas apoteker. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pengisian pretest oleh peserta melalui linkgform yang telah disediakan oleh panitia dilanjutkan dengan penyampaian materi dan diskusi dengan peserta. Kegiatan pengabdian diakhiri dengan pemberian post test dan door prize bagi peserta yang menunjukkan keaktifannya selama berlangsungnya acara. Dengan berakhirnya acara, semoga profesi apoteker dapat lebih dikenal luas, khususnya di kalangan remaja, sehingga profesi ini dapat terus berkembang dan memperbaiki diri. Salam Apoteker!

E:\Pengabdian APT\IMG-20211018-WA0018.jpg