D:\FARMASI UNIVERSITAS JEMBER\WEBSITE FARMASI 2021\BIMBO EDUFEST\WhatsApp Image 2021-11-12 at 10.38.10.jpeg

Penyimpanan dan pembuangan obat merupakan suatu masalah penting di Indonesia. Dalam skala rumah tangga, penyimpanan obat yang kurang baik dapat menyebabkan permasalahan serius, seperti keracunan obat secara tidak sengaja. Selain itu, pembuangan atau pemusnahan obat yang kurang benar selanjutnya memunculkan potensi terjadinya daur ulang illegal kemasan atau produk obat kadaluarsa. Oleh karenanya, tim program  BIMBO (Bijak Simpan Buang Obat) didukung oleh Fakultas Farmasi Universitas Jember, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) PC Jember dan Curtin University Alumni Chapter Indonesia (CUACI) menyelenggarakan “BIMBO EDU-FEST, Webinar Penyimpanan dan Pembuangan Obat Secara Bijak Pada Skala Rumah Tangga”. Diketuai oleh apt. Antonius Nugraha W.P., M.P.H yang juga berprofesi sebagai dosen Fakultas Farmasi Universitas Jember, BIMBO merupakan program yang didanai oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme Round 1 2021 yang diadministrasikan oleh Australia Awards in Indonesia. Termasuk sebagai perumus Program BIMBO adalah Prof. apt. Henny Lucida (Fakultas Farmasi Universitas Andalas), apt. Christofori M.R.R. Nastiti, M.Pharm, Ph.D. (Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma), dan apt. Heribertus Rinto Wibowo, M.P.H. (Tulodo Indonesia). 

Kegiatan BIMBO EDU-FEST terselenggara dalam dua webinar, yaitu pada tanggal 16 Oktober 2021 dengan sasaran peserta masyarakat umum, serta tanggal 6 November 2021 yang diikuti oleh apoteker dari seluruh penjuru Indonesia. Pada webinar pertama, masyarakat sebagai peserta webinar menerima edukasi dari Prof.apt. Henny Lucida, Ph.D., apt.Yulianto, M.P.H., serta apt. Antonius Nugraha W.P., M.P.H. Sedangkan pada webinar sesi kedua pada tanggal 6 November 2021, beberapa pemateri yang dengan senang hati membagikan ilmunya adalah apt. Yulianto, M.P.H., apt. Ipang Djunarko, M.Sc., serta apt. Antonius Nugraha W.P.,M.P.H. Kedua webinar ini secara khusus mempromosikan dan menyampaikan perkembangan serta promosi kesehatan terkait penyimpanan dan pembuangan obat yang bijak. 

Kedua webinar yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember, Dr.apt. Nuri, M.Si., dan ketua IAI PC Jember apt.Andar Rajito, S.F., berjalan dengan baik dan berhasil menarik animo peserta dari seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, dalam kedua webinar juga diputar dua film pendek BIMBO berjudul “Kutinggal” dan “Kunanti” yang merupakan salah satu media edukasi dari tim BIMBO untuk masyarakat. Kedua film tersedia melalui kanal YouTube Promkes BIMBO dengan variasi subtitle berbahasa Minang, Madura, dan Jawa. Dengan terlaksananya program tim BIMBO secara umum, dan webinar BIMBO EDU-FEST secara khusus, diharapkan kampanye penyimpanan dan pembuangan obat yang bijak di Indonesia dapat tersampaikan dan terpromosikan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Program edukasi kesehatan dari tim BIMBO dapat diakses pada chanel Youtube Promkes BIMBO dan instagram @promkes_bimbo. Rekaman video BIMBO Edu-Fest untuk masyarakat dapat diakses melalui unej.id/YTBIMBOEDUFEST1 (untuk masyarakat) dan unej.id/YTBIMBOEDUFEST2 (untuk apoteker). Salam Bijak Simpan Buang Obat.