Melihat perkembangan yang baik terkait pandemic COVID-19, Universitas Jember mengeluarkan Surat Edaran No. 17544/UN25/TU/2021 mengenai PEDOMAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Berdasarkan hal tersebut, Fakultas Farmasi sebagai salah satu bagian dari keluarga besar Universitas Jember melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti mahasiswa, dosen, teknisi di laboratorium dan juga tentunya Dekanat sebagai pemangku kebijakan untuk melaksanakan praktikum luring dengan memenuhi protokol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh Tim Satgas COVID Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Pelaksanaan kegiatan praktikum luring ini diikuti oleh 120 mahasiswa S1 Angkatan 2020 dari total 135 mahasiswa dan semua mahasiswa Profesi Apoteker Angkatan ke-XV yang telah memenuhi persyaratan vaksin dua kali dan surat ijin orang tua. Kegiatan praktikum luring terbagi dalam 2 sesi. Untuk mahasiswa S1 akan diselenggarakan pada tanggal 25 Oktober – 26 November 2021 dan mahasiswa Profesi Apoteker akan diselenggarakan pada tanggal 29 November – 10 Desember 2021. Terdapat 5 mata kuliah praktikum yang diselenggarakan bagi Angkatan 2020 yaitu praktikum farmakologi dan toksikologi, praktikum analisis spektroskopi, praktikum farmasi fisik, praktikum mikrobiologi dan parasitology, serta praktikum farmakognosi. Untuk mahasiswa profesi terdapat satu mata kuliah praktikum yaitu praktikum farmasi praktis yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa profesi apoteker menuju ujian UKAI-OSCE yang akan diselenggarakan pada bulan Januari 2022.

Berdasarkan hasil evaluasi 2 minggu pelaksanaan praktikum luring, dapat dilihat tingginya antusiasme mahasiswa Angkatan 2020 yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Fakultas Farmasi Universitas Jember. Pada minggu awal masih dijumpai mahasiswa yang salah masuk tempat praktikum, tetapi hal ini tidak mengurangi semangat mahasiswa untuk tetap mengikuti praktikum sesuai jadwal. Terjalinnya kerja sama yang baik antara dosen, mahasiswa, teknisi di laboratorium serta kesiapan sarana prasarana sangat mendukung kelancaran proses praktikum luring ini.

Akhir kata, semoga praktikum luring ini dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga waktu yang telah ditentukan. Dan tentu saja harapannya mampu memberikan manfaat bagi mahasiswa terutama untuk memperkenalkan skill laboratorium yang tentunya tidak tergantikan oleh sistem daring secanggih apapun.