G:\poto\24.25.28.okt.2019\IMG_1539.JPG

Senin, 28 Oktober 2019 – Fakultas Farmasi Universitas Jember (UNEJ) kembali mengadakan seminar internasional dengan tema “New Techiques in Environmental and Pharmaceutical Analysis”. Seminar ini diadakan di Audutorium Farkultas Farmasi. Ada tiga pembicara yang hadir dalam acara seminar internasional kali ini yaitu Prof. Spas. D. Kolev dari Universitas Melbourne, Prof. Gunawan Indrayanto dari Universitas Surabaya dan Dr.Hermin Sulistyarti dari Universitas Brawajaya. Peserta yang hadir pada kesempatan kali ini tidak hanya dari kalangan mahasiswa melainkan juga dari dosen-dosen seluruh fakultas yang ada di UNEJ.

G:\poto\24.25.28.okt.2019\IMG_1475.JPG

Setelah acara dibuka oleh pembawa acara, selanjutnya acara diserahkan kepada Prof. Bambang Kuswandi selaku moderator sekaligus dosen dari Fakultas Farmasi UNEJ. Materi pertama dibawakan oleh pembicara utama pada acara seminar kali ini yaitu Prof. Spas. D. Kolev dengan materi “Polymer inclusion membranes and their aplication in industrial and analytical separation.”

G:\poto\24.25.28.okt.2019\IMG_1505.JPG

Kemudian dilanjutkan oleh Dr.Hermin Sulistyarti dengan materi “Flow analysis for pharmaceutical and environmental application”. Dipilih metode FIA (flow injection analysis) dikarenakan teknik ini merupakan teknik analitik sederhana dan serbaguna dalam analisis otomatisasi, larutan (reagen dan sampel) dapat dicampur, dipanaskan, diinkubasi, dipisahkan, dan dipantau secara tepat dengan cara yang reproducible selain itu juga karena metode ini sangat rapat untuk deteksi cepat dan otomatisasi.

G:\poto\24.25.28.okt.2019\IMG_1518.JPG

Materi yang terakhir disampaikan oleh Prof. Gunawan Indrayanto yang merupakan dosen dari Universitas Surabaya. Materi yang disampaikan yaitu “The importance of validation method for herbal drug research” yang menjelaskan bahwa semua metode uji baik biologi maupun kimia perlu divalidasi terlebih dahulu menurut pedoman yang terbaru sebelum pengumpulan data. Jika metode tidak tervalidasi terlebih dahulu makan akan memberi hasil akhir yang tidak tepat.

Dengan adanya seminar internasional ini sangat bermanfaat untuk Fakultas Farmasi sendiri maupun untuk Universitas Jember, khususnya untuk mahasiswa yang hadir. Hal itu dikarenakan materi yang disampaikan merupakan hal baru yang belum terlalu diketahui oleh mahasiswa. Sehingga dari acara seminar internasional ini mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuannya di bidang kefarmasian itu sendiri dan tentunya menjadi sebuah motivasi untuk tetap belajar agar menjadi orang hebat seperti professor-profesor yang menjadi pembicara pada kesempatan kali ini. (By Afriza)