DSC_0375.JPG

Minggu, 20 Oktober 2019 – Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, tim dosen Fakultas Farmasi Universitas Jember yaitu Kuni Zu’aimah Barikah dan Ika Puspita Dewi bersama dengan dosen Fakultas Keperawatan Latifa Aini melangsungkan kegiatan pengabdian, berupa “Pelatihan Pembuatan Masker Organik” yang diselenggarakan di Dusun Wonosari Kelurahan Mangli Kabupaten Jember. Acara ini dihadiri oleh masyarakat setempat khususnya dari kalangan ibu-ibu sebanyak 40 orang. Tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan dan keterampian berbasis lingkungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya terdapat dua rangkaian kegiatan, yang pertama sudah dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019 berupa kegiatan penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan selajutnya dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2019 berupa pelatihan pembuatan masker organik. Sebelum dilaksanakan praktek pembuatan masker organic yang dibantu oleh mahasiswa Fakultas Farmasi UNEJ, peserta yang hadir diajari cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ibu Kuni Zu’aimah mengenai masker organik dan bahan-bahan apa yang bisa digunakan untuk membuat masker beserta khasiatnya.

Berbagai jenis masker pada saat ini sedang booming di masyarakat, baik masker organik maupun masker dari bahan kimia. Dua jenis masker tersebut tentunya memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Ditinjau dari efek yang bekerja, maka masker kimia lebih dominan memberikan efek yang cepat dibandingkan dengan masker organik, namun masker kimia lebih rentan memberikan efek samping yang lebih besar dibandingkan masker organik itu sendiri. Selain memberikan efek samping yang minimum, bahan-bahan masker organik sangat mudah ditemui karena berasal dari bahan-bahan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

DSC_0317.JPG

Proses pembuatan masker

Pada pelatihan pembuatan masker organik ini dibuat masker dengan bahan dari campuran beras, kunyit, garam himalaya dan susu. Bahan-bahan tersebut tentunya memiliki manfaat masing-masing seperti halnya kunyit memiliki manfaat dapat meratakan warna kulit dan susu yang dapat mencerahkan warna kulit. Alat yang digunakanpun juga sederhana, seperti oven, blender, mangkok dll.

DSC_0354.JPG

Penyerahan secara simbolis peralatan pembuatan masker oleh Bu Ika Puspita Dewi

Beberapa hal yang diharapan dari berlangsungnya acara pengabdian masyarakat ini yaitu bisa memberikan ilmu yang bermanfaat dimana tentunya dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, hingga bisa memasarkan produk hasil pembuatan masker organik dari PKK di dusun Wonosari ini. “Terimakasih kepada Fakultas Farmasi Universitas Jember atas pemberian ilmu dan alat pembuatan masker, semoga bermanfaat untuk ibi-ibu disini” ungkapan kesan dari Bu Ima selaku ibu kepala RT disana. (By Afriza)