D:\pengabdian 2\proposal PKM pengajuan 2018\jamur tiram bwi\FOTO KEGIATAN\DSC08600.JPG

Dalam rangka melaksanakan tridharma perguruan tinggi, maka dosen Fakultas Farmasi Universitas Jember, Indah Yulia Ningsih, dengan didukung oleh Ika Barokah Suryaningsih, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, melaksanakan kegiatan pengabdian untuk mengembangkan produk olahan dari jamur tiram di Desa Licin, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 04 Agustus 2019 ini juga dibantu oleh beberapa mahasiswa Fakultas Farmasi UNEJ.

Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk pengembangan potensi jamur tiram sebagai produk olahan pangan yang kaya akan nutrisi, variatif, dan terjangkau berupa cookies dan brownies berbahan dasar tepung jamur tiram. Keunggulan jamur tiram adalah kandungan proteinnya yang tinggi, yaitu 17,5%-27% dengan lemak yang rendah 1,6-8%, dan kadar serat pangan yang tinggi 8-11,5%. Serat jamur sangat baik untuk pencernaan, sehingga cocok untuk para pelaku diet. Jamur tiram juga bermanfaat bagi konsumsi vegetarian karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan manusia. Kandungan proteinnya bahkan lebih tinggi daripada kedelai tempe yang hanya sebesar 18,3% setiap 100 g. Selain itu, jamur tiram mengandung mineral, karbohidrat, dan berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan meliputi penyuluhan dan pelatihan pembuatan cookies dan brownies dari tepung jamur tiram beserta pengemasannya. Selain itu, dilakukan pula penyerahan bantuan peralatan produksi kepada kelompok petani jamur tiram di Desa Licin. Selama pelaksanaan kegiatan pengabdian, semua peserta tampak sangat antusias yang ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada tim pelaksana pengabdian.

D:\pengabdian 2\proposal PKM pengajuan 2018\jamur tiram bwi\FOTO KEGIATAN\penyuluhan 2.jpg

Kegiatan penyuluhan pengembangan produk olahan jamur tiram

D:\pengabdian 2\proposal PKM pengajuan 2018\jamur tiram bwi\FOTO KEGIATAN\pelatihan.jpg

Demonstrasi pembuatan olahan jamur tiram

D:\pengabdian 2\proposal PKM pengajuan 2018\jamur tiram bwi\FOTO KEGIATAN PKM jamur 2019\DSC06868.JPG

Pelatihan pembuatan produk olahan jamur tiram