by Arini on September 04

Kegiatan “Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Apoteker Angkatan VII” menjadi momentum bersejarah bagi para mahasiswa Profesi Apoteker UNEJ yang saat ini sudah secara resmi menyandang gelar “Apt” dibelakang title Sarjana Farmasinya. Kegiatan ini berlangsung di gedung Soetardjo pada 25 September 2018 yang bertepatan dengan peringatan Hari Farmasis Sedunia (World Pharmacist Day). Kurang lebih sebanyak 85 sumpahwan beserta orang tua walinya, jajaran dekan, seluruh dosen dan karyawan Fakultas Farmasi UNEJ, Wakil Rektor Universitas Jember, undangan VIP yang meliputi perwakilan dari Komite Farmasi Nasional (KFN), PP IAI, PD IAI Jawa Timur, PC IAI Jember, sejumlah perwakilan dekan dari Universitas yang alumninya menjadi mahasiswa program studi apoteker Fakultas Farmasi UNEJ, Dinkes Prov Jatim, Dinkes Kab Jember dan para preceptor dari sejumlah apotek yang ada di Jember hadir dalam acara kali ini.

Kegiatan pembukaan dilakukan pada jam 08.15 WIB oleh MC (Muhammad Arfan Muzaqi dan Ferina Nadya Pratama, dari BEMF Farmasi 2018) dan sebuah tarian spektakuler dari UKSM Essensi. Nyanyian lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh kelompok Paduan Suara Fakultas Farmasi juga turut serta dalam menandai dimulainya acara sidang terbuka, dimana dewan sidang kali ini terdiri dari Ketua Komite Farmasi Nasional (KFN) Ibu Dra Suzana Indah Astuti, M.Si., PP IAI Ibu Dr Endang Adriyani, MARS, Apt., Dekan Fakultas Farmasi UNEJ Ibu Lestyo Wulandari, S.Farm., M.Farm., Apt., yang berkesempatan menyampaikan pidato, Ketua Program Studi apoteker Ibu Lidya Ameliana, S.Farm., M.farm., Apt., yang berkesempatan membacakan berita acara, serta Rektor UNEJ yang diwakili oleh Wakil Rektor I Drs. Zulfikar, Ph.D. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah yang dipimpin oleh ketua KFN dan dipandu oleh para rohaniawan dari agama masing-masing sumpahwan, serta diiringi dengan penyematan name tag Apoteker oleh Wakil Rektor I Universitas Jember.

Dewan sidang

Pengambilan sumpah

Kegiatan selanjutnya yaitu penandatanganan naskah sumpah, dimana para sumpahwan maju satu-persatu dan diberi berkas oleh PP IAI, KFN, serta Ijazah oleh Dekan Fakultas Farmasi UNEJ. Selanjutnya pemberian penghargaan Apoteker lulusan terbaik yang berhasil disabet oleh Stella Christa Santoso, S.Farm. Apt., lalu dilanjutkan dengan penyerahan Apoteker baru kepada IAI dan Dinkes Provinsi Jawa Timur.

Penerimaan ijazah

Penghargaan Apoteker lulusan terbaik

Serangkaian sambutan juga disampaikan pada kegiatan kali ini, yaitu sambutan yang pertama dari Apoteker baru atas nama Edwin Tanjaya, S.Farm.,Apt., lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh orang tua wali sumpahwan atas nama Bapak Bagus Qomaruzzaman Ratu Edi, M.P. yang merupakan orang tua dari Fathimatuzzahrah, S.Farm.,Apt., kemudian tidak ketinggalan Ketua Pengurus Pusat IAI, Ketua KFN, dan Wakil Rektor I juga memberikan beberapa wejangan kepada para Apoteker baru.

Di penghujung acara semakin terasa begitu meriah dengan adanya penyerahan kenang-kenangan oleh Riza Fahmi Qoyum Kurnia, S.Farm., Apt. selaku perwakilan apoteker, doa yang begitu khidmat oleh Bapak Bawon Triatmoko, S.Farm.,M.Sc.,Apt., serta dilanjutkan dengan acara persembahan 3 buah lagu oleh seluruh apoteker baru. Lagu pertama yang dibawakan yaitu DAGUSIBU disertai dengan gerakannya, lagu kedua adalah aransemen dari lagu Meraih Bintang oleh via vallen menjadi lirik yang menghimbau warga untuk sadar akan penggunaan obat secara benar, serta lagu ketiga dengan judul Yang Terbaik, dibarengi dengan musikalisasi puisi dan penyerahan bunga mawar kepada para orang tua wali. Acara kemudian ditutup dengan kegiatan ramah tamah dan foto bersama. Semoga dengan adanya upacara sumpah dan pelantikan Apoteker ini mampu menjadi momentum pengingat bagi kita semua bahwasannya ada tugas besar yang sedang menanti kita menjadi seorang Pharmacist yang berkualitas lagi profesional.

Penyerahan kenang-kenangan

Persembahan oleh Apoteker baru